Social Icons

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Minggu, 21 September 2014

Klasifikasi Relationship Marketing

 Menurut Gummesson dalam Foster (2008:116), hubungan relationship marketing dikelompokkan sebagai berikut:
  1. Market relationship (hubungan pasar), yaitu hubungan antara pemasok (supplier), pelanggan (customer), kompetitor (competitor), dan lain-lain yang beroperasi di pasar. Market relationship (hubungan pasar) terdiri dari:
  • Classic market relationship (hubungan klasik pasar) yang meliputi supplier customer dyad, triad of supplier-customer competitor atu meliputi jaringan distribusi fisik.
  • Special market relationship yang merupakan aspek khusus di pasar yang meliputi interaksi dalam service encounter atau pelanggan sebagai anggota dari program loyalitas.
  1. Non-market relationship (hubungan non pasar), yaitu yang tidak langsung mempengaruhi efisiensi hubungan pasar (market relationship). Non market relationship (hubungn non pasar) yang terdiri dari:
  • Mega relationship yang meliputi masalah ekonomi dan masyarakat umumnya. Disini tercakup mega marketing (lobbying, pandangan masyarakat, dan kekuatan politik), mega alliances seperti NAFTA, dan hubungan sosial (social relationship) seperti persahabatan dan kelompok etnik.
  • Nano relationship yang meliputi hubungan antara internal customers dan internal markets (employee market).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar