Social Icons

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 14 September 2012

Teori Belajar Anak Usia Dini

a.    Menurut Montessori (1966)
Menyatakan bahwa lingkungan atau alam sekitar yang mengundang anak untuk menyenangi pembelajarannya. 
b.    Menurut Mayke (1995)
menyatakan bahwa belajar dengan bermain memberi keseempatan kepada anak untuk memanipulasi, mengulang-ulang, menemukan sendiri, bereksplorasi, mempraktekkan, dan mendapatkan bermacam-macam konsep derta pengertian yang tidak terhitung banyaknya.
c.    Teori Kognitif
Belajar adalah proses diperolehnya pemahaman. Belajar merupakan proses mental yang aktif untuk memperoleh, mengingat, dan menggunakan pengetahuan.
Teori Perkembangan Kognitif (Vygotsky dan Piaget)
Perkembangan terjadi menurut urutan secara teratur. Anak adalah pribadi aktif dalam proses perkembangannya. Pengetahuan anak secara bertahap dikonstruksi (dibentuk) saat berlangsungnya pengalaman sehingga berkembang pemahaman informasi yang dialami. Pengetahuan berubah sepanjang waktu dengan mengolah informasi baru melalui asimilasi dan akomodasi tersebut ke dalam struktur pengetahuan yang ada (skema). Perkembangan kognitif : tahap sensorikmotorik, praoperasional, operasi konkret, dan operasional formal.
Teori Perkembangan Kognitif Vygotsky
Budaya lingkungan anak membentuk perkembangan kognitif anak. Perkembangan kognitif anak bergantung pada orang-orang di sekiitar anak. Pengetahuan, gagasan, sikap, dan nilai anak berkembang melalui interaksi dengan orang lain. Bagasa memegang peran dalam perkembangan anak. Private speech (pembicaraan pribadi) merupakan percakapan yang ditujukan kepada dirinya sendiri untuk mengarahkan perilaku dalam pikirannya. Private speech mengarahkan perkembangan kognitif anak. Penyelesaian masalah anak berada pada zone of proximal development (ZPD).
Membandingkan Teori Belajar Kognitif (teori Piaget, L. Vygotsky dan teori Montessori, dan Mayke)
Sama-sama dengan bermain seorang anak secara intelektual beradaptasi dan mengadaptasi lingkungan untuk dapat membangun pengetahuan.
Posisi Bermain Pada Teori Belajar
Dalam Teori Piaget
Perkembangan kognitif Pra Operasional
Dalam belajar anak membutuhkan benda-benda bentuk nyata atau alat peraga.
Dalam teori L. Vygotsky
Pembicaraan pribadi merupakan percakapan yang ditujukan kepada dirinya sendiri untuk mengarahkan perilaku dan pikirannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar