Social Icons

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Minggu, 30 September 2012

Mengatasi PC & Laptop yang Lemot (Cara 1)

Kadang PC atau Laptop kita tiba-tiba menjadi lemot alias lambat. Padahal spesifikasinya udah di atas standart minimal. Pas mau ngenet loading-nya lama. Apalagi mbuka program lainnya, bikin kita latihan sabar nunggu lama.
Mengapa demikian?
Itu disebabkan Sistem Operasi (Windows, Linux or Mac OS) PC atau Laptop kita dipenuhi file-file sampah yang biasa disebut "junk-file". Kalo dalam jangka waktu yang lama tidak dibersihkan alias dihapus, file-file ini bakalan memenuhi ruangan kosong di Harddisk yang digunakan untuk pemrosesan data di Sistem Operasinya. Semakin sedikit ruang HardDisk yang digunakan untuk Sistem Operasi, semakin sedikit jumlah data yang diproses, sehingga menyebabkan sirkulasi datanya juga melambat. Untuk bisa mempercepa sirkulasi pemrosesan datanya, maka perlu untuk "bersih-bersih" HardDisk.
Dalam kesempatan ini saya akan memberikan tips membersihkan HardDisk dari file-file sampah tanpa menggunakan program tambahan. Cukup hanya mencari secara manual. Caranya adalah sebagai berikut.

Tahap 1 : My Computer > C:\Program Files > WINDOWS > Temp (hapus semua file yang bisa dihapus, biasanya ada file yg g bisa dihapus, biarkan saja karena masih dibutuhkan dalam pemrosesan data)

Tahap 2 : My Computer > C:\Program Files > WINDOWS > Preftech (hapus semua file yang bisa dihapus, biasanya ada file yg g bisa dihapus, biarkan saja karena masih dibutuhkan dalam pemrosesan data)

Tahap 3 : Lakukan pembersihan file sampah yang sulit ditemukan dengan langkah-langkah klik kanan drive C: > Properties > General > Centang kotak dialog "Compress drive to space disk save" > tekan "Disk Clean Up"

Tahap 4 : Lakukan Defragmentasi dengan langkah-langkah klik kanan drive C: > Properties > Tools > Klik "Defragment Now...." > Pilih C: > Klik "Defragment"

Setelah melakukan proses di atas, PC and Laptop akan kembali cepat seperti semula.

Selamat Mancoba....

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar