Dalam menjalankan strategi relationship marketing ini,
perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya,
agar strategi ini dapat terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan
yang diinginkan. Robinette (2000:125)
menjelaskan bahwa untuk membangun dan mengembangkan relationship
marketing yang baik dan bertahan untuk jangka waktu yang lama,
maka perusahaan selayaknya memperhatikan faktor-faktor berikut ini,
yaitu:
- Keuntungan bersama (mutual benefit)
Maksudnya adalah dalam strategi ini pihak perusahaan dan pelanggan
harus sama-sama diuntungkan. Pelanggan merasa senang dan puas dengan
produk maupun pelayanan yang diberikan perusahaan, sedangkan
perusahaan mendapatkan keuntungan dari transaksi tersebut.
- Komitmen (commitment)
Komitmen adalah sebagai janji yang diungkapkan baik secara eksplisit
maupun implisit dari kontinyuitas suatu hubungan mitra, komitmen juga
sebagai pengendali bagi semua pertukaran rasional antara perusahaan
dengan berbagai pihak.
- Kebenaran (authenticity)
Perusahaan harus menanggapi kebutuhan ataupun keluhan dari pelanggan
dengan sungguh-sungguh. Dalam menjalin hubungan dengan pelanggan
harus berdasarkan kebenaran, kejujuran, sehingga akan mempercepat
perkembangan dari hubungan antar perusahaan dengan pelanggan.
- Komunikasi (communication)
Kedua belah pihak dalam hal ini perusahaan dan pelanggan harus merasa
bahwa mereka dapat saling mengekspresikan keinginan dan merasa bahwa
mereka dapat saling mendengar dan saling
mengerti. Setiap pelanggan dapat
mengkomunikasikan segala kebutuhan maupun ketidakpuasannya kepada
pihak perusahaan. Perusahaan pun dapat
merespon atau menanggapi dan mengkomunikasikan segala hal yang dapat
membantu pelanggan dalam proses pemakaian produk perusahaan.
Dalam melaksanakan strategi relationship marketing disamping
memperhatikan keempat faktor tersebut, perusahaan harus juga
memperhatikan mengenai kualitas layanan kepada para pelanggan.
Kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan haruslah yang
terbaik, agar kepuasan konsumen tercapai sehingga tingkat loyalitas
pelanggan semakin meningkat terhadap perusahaan.
kalo boleh tau daftar pustaka yang ini dari buku apa ya min?
BalasHapus