Tandjung dalam Adiningrum (2009:23)
menyatakan bahwa terdapat beberapa tingkatan relationship
marketing diantaranya adalah:
- Relationship marketing tingkat pertama
- Hubungan berdasarkan financial benefit, artinya pelanggan mau membina hubungan dengan penjual bila diberikan diskon atau harga murah.
- Orientasi pemasaran adalah pelanggan, artinya penjual mengutamakan kepuasan pelanggan.
- Tingkat service customization rendah karena harga yang diminta oleh pelanggan sudah cukup murah sehingga penjual tidak dapat memenuhi keinginan-keinginan pelanggan yang spesifik.
- Perbedaan kompetitif rendah karena persaingan harga terjadi karena faktor harga murah atau pemberian diskon.
- Elemen bauran pemasaran utama yang digunakan adalah harga.
- Relationship marketing tingkat kedua
- Hubungan berdasarkan financial dan sosial benefit dengan menekankan pada layanan dan komunikasi.
- Orientasi pemasaran adalah repeat consumer, yaitu pelanggan yang membeli untuk kedua kali atau lebih, baik untuk produk yang sama maupun untuk lini produk yang lain.
- Tingkat service customization adalah menengah karena pelanggan masih menginginkan adanya diskon meskipun itu bukan faktor utama dalam melakukan penelitian.
- Perbedaan kompetitif menengah karena pesaing masih memiliki kemungkinan meniru strategi yang dipakai dan pelanggan juga relatif masih bisa dipengaruhi dengan memberikan diskon yang lebih besar.
- Elemen bauran pemasaran utama, yang digunakan adalah personal communication, artinya penjual mengenal lebih dalam kepribadian pelanggan.
- Relationship marketing tingkat ketiga
- Hubungan berdasarkan financial, social and structural benefit.
- Orientasi pemasaran dalah client, yaitu pelanggan yang membeli semua kebutuhannya secara teratur dan penjual yang sama.
- Tingkat service customization medium to high karena pada tingkatan ini penjual dapat memperoleh laba yang cukup sehingga mempu mendesain strategi yang relatif dapat memenuhi keinginan pelanggan.
- Perbedaan kompetitif cukup tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar