Relationship
marketing merupakan strategi pemasaran yang mengutamakan hubungan
dengan pelanggannya. Penerapan strategi pemasaran ini, memiliki
tujuan utama yang berurutan. Seperti yang diungkapkan oleh Chan
(2003:6), bahwa tujuan relationship marketing ini adalah:
- Menemukan Lifetime Value (LTV)
Tujuan ini yaitu menemukan LTV, menurut
Chan (2003:89) pengertian customer lifetime value yaitu
“Lifetime value
pada dasarnya adalah net present
value dari profit yang dihasilkan oleh rata-rata pelanggan
dalam waktu tertentu. Semakin
lama seseorang menjadi pelanggan,
maka semakin besar value pelanggan tersebut bagi perusahaan”.
- Memperbesar life time value pada masing-masing kelompok
Memperbesar life time value pada tiap-tiap kelompok setelah
perusahaan mengetahui customer life time value dari tiap-tiap
kelompok (mulai dari pelanggan yang menguntungkan sampai dengan
pelanggan yang merugikan) dari para pelanggannya, maka perusahaan
dapat melakukan tindakan-tindakan untuk meningkatkan customer life
time value tiap-tiap kelompok menjadi lebih besar dari tahun ke
tahun.
- Menemukan pelanggan baru
Memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan dan memberikan yang
terbaik bagi mereka, sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan
bagi kedua belah pihak. Dengan pelanggan yang loyal, selain akan
membeli lebih banyak dan lebih sering, mereka juga dapat bertindak
sebagai penasihat bagi keluarga dan teman-temannya untuk menjadi
pelanggan perusahaan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar