Social Icons

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Kamis, 11 Oktober 2012

Dosa Riba'


“Jauhilah tujuh dosa besar yang akan menjerumuskan pelakunya dalam neraka.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apa saja dosa-dosa tersebut?” Beliau mengatakan, “[1] Menyekutukan Allah, [2] Sihir, [3] Membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan alasan yang dibenarkan, [4] Memakan harta anak yatim, [5] memakan riba, [6] melarikan diri dari medan peperangan, [7] menuduh wanita yang menjaga kehormatannya lagi (bahwa ia dituduh berzina).”
[HR. Bukhari no. 2766 dan Muslim no. 89]

"Riba itu mempunyai 73 macam (tingkatan), Sementara dosa riba yang paling ringan adalah seperti menzinahi ibu kandungnya sendiri" [HR Ibnu Majah]

"Satu dirham riba (dosanya) kepada Allah lebih berat daripada 36 kali berzina dengan pelacur. (Ibn Abbas berkata) dan Beliau bersabda, “Siapa saja yang dagingnya tumbuh dari yang haram maka neraka lebih layak untuknya.”
[HR al-Baihaqi dan ath-Thabrani]

“Apabila telah marak perzinaan dan praktek ribawi di suatu negeri, maka sungguh penduduk negeri tersebut telah menghalalkan diri mereka untuk diadzab oleh Allah”
[HR. Al Hakim. Beliau mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan lighoirihi]

***

Link Download Kajian Seputar Permasalahan Riba oleh Ustadz Abdullah Shaleh Hadrami :

http://kajian.net/kajian-audio/Ceramah/Abdullah%20Shaleh%20Hadrami/Seputar%20Permasalahan%20Riba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar