Social Icons

facebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sabtu, 13 Oktober 2012

Salib Templar di Candi Ijo ?

Beberapa waktu lalu saya mendapat kiriman foto berupa relief yang berbentuk mirip salib templar di salah satu penggalian situs Candi Ijo. Meskipun belum diidentifikasi secara resmi oleh pihak yang berwenang, diperkirakan batu relief ini dibuat saat kejayaan kerajaan Hindu di Indonesia. Hal ini sangat menarik, karena ternyata tanda "Salib" sudah dikenal oleh budaya Hindu di Indonesia atau mungkin sudah dikenal oleh kebudayaan Hindu sebelum masuk di Indonesia.

Relief berbentuk Salib di situs Candi Ijo
Muncul beberapa spekulasi teori atas penemuan ini, diantaranya adalah masuknya Ksatria Templar ke Indonesia pada masa kerajaan Hindu. Berdasarkan teori ini, agama Kristen mulai disebar oleh Ksatria Templar di Indonesia diantara tahun 800M-1400M (masa kerajaan Hindu di Indonesia). Ini tentunya akan merubah isi dalam buku Sejarah kita yang menyatakan bahwa masuknya agama Kristen di Indonesia pada tahun 1500M karena lebih awal dari catatan yang sudah ada sebelumnya.

Akan tetapi Teori yang menyatakan bahwa Kristen disebarkan oleh Ksatria Templar meragukan.Faktanya adalah, ajaran Ksatria Templar diputuskan telah menyimpang dari ajaran Kristen dan sesat oleh Vatikan. Jadi kalau benar Ksatria Templar masuk ke Indonesia dan menyebarkan suatu agama, dipastikan bukan ajaran agama Kristen yang mereka sebarkan.

Teori yang kedua adalah tanda "Salib" bukan tanda asli milik Kristen. Selama ini kita selalu mengira kalau tanda "Salib" merupakan tanda untuk golongan Kristen. Menurut Teori ini tanda "Salib" sudah dikenal masyarakat jauh sebelum Kristen lahir. Jika bangsa Hindu sudah mengenal tanda "Salib", berarti tanda ini sudah dikenal sejak sekitar 3000 tahun yang lalu, atau lebih tua dari umur Kristen yang 2000-an tahun.

Dari kedua teori yang dipaparkan diatas masih belum ada yang tahu mana teori yang mendekati benar. Karena semua orang masih berspekulasi dan belum mengadakan penelitian lebih lanjut. Kenapa ada tanda Salib pada Candi Hindu?. Apa hubungannya antara Salib dengan budaya Hindu?. Adakah hubungan antara Salib-Kristen-Hindu? Benarkah tandah Salib milik orang Kristen? Semuanya masih penuh dengan teka-teki.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar